Senin, Februari 01, 2010

Dolan ke Rumah Ibu Kita KARTINI.....

Hari ini (27/1) kawan Mandela pergi ke Jeparaaa.... WOW.. Luar biasa....
Kami ikut International Seminar gitu di rumah Raden Ajeng Kartini. Di sana pembicaranya ada Mr. Coté dari Master of History Lecture, Faculty in Australia sama Bu Cicik, dosen Psikologi Unika Soegijapranata Semarang. Tadi sempet ngira ‘dikerjain’ sama Pak Don gara-gara suru kumpul di kampus jam 6.18 (aku masih bingung kenapa harus lewat 18 menit?!), tapi kita berangkat pukul 7 jadinya. Yah bukan kenapa sih, asal Pak Don nya juga ontime, anak-anak gak gitu ndongkol. Hehehe. Ada aku, Tyas, Jo, Dhimas, Tya (bukan Mandela), Dede, ama Natalia. Asik sih acaranya, eh ketemu Meneer Daniel juga, dosenku Nederlandsche Less di Akaba. Ada Bu Inge juga dari Akaba. Seru banget acara di sana, buat ndapetin kursi ke sana aja susahnya minta ampun. Bukan buat aku nya si tapi buat 6 temen yang lain. Aku dapet rekomendasi acara ini emang dari Pak Don, lha dia moderatornya sih. Terus aku ngerasa gak enak aja mosok ada acara hebat gini aku sendirian yang berangkat. Udah gitu Pak Don bilang bakal ada mahasiswa dari Ausie gitu yang ikut. Hadoh, jadi ndak enak ati, mengingat kemampuan Bahasa Inggris pas-pas an, malah cenderung KURANG. Yup, KURANG!!
Huhuhu...
Lha minta 6 kursi cuman dikasi 1, akhirnya dengan sedikit ‘pemaksaan’ ke Pak Don, akhirnya kudapat tiket samping Pak Kusir yang sedang bekerja. HALAH!
Ya masalahnya itu acara khusus buat MGMP Sejarah di Jepara sih. Jadi kalo ada mahasiswa yang ikut, mereka yang nggak mudeng bakal nggak ‘ngeh’ liat kehadiran kami yang tiba-tiba. Hehe..
Waktu sampe di rumah R.A Kartini, rombongan bus kami langsung disambut bak raja dan ratu (secara gitu pembicaranya satu bus sama kita!) Huahh, kehormatan yang tiada kira bisa bertemu dengan orang-orang ‘aneh’ (begitu Pak Don menyebut mereka). Yah, seminar ini banyak mengupas tuntas soal Kartini, dari surat-suratnya, pemikiran, perasaan, dan banyaaaaak lagi, yang yah intinya kembali pada periode BIAS GENDER sejak jaman mula, yang dulunya namanya DIPINGIT sekarang hal itu berkembang biak jadi yang namanya PERBEDAAN GENDER. Ini memang bukan hal mudah untuk digubah, apalagi diubah. Jujur, ini permasalahan tak kasat mata tapi tak bisa hilang. Istilahnya ya mendarah daging gitu. Tapi pemilihan bahasa yang dipakai dalam surat Kartini kepada sahabat-sahabatnya memang menggunakan bahasa filsuf yang mengena di hati bagi para pembacanya. Banyak sekali ‘misteri’ yang diungkap, dan ga mungkin aku ceritain semua di sini satu per satu. PUEGEELL...
Habis seminar kami lunch, habis itu kami dikasi kesempatan buat ‘mlaku-mlaku’ di semua, iya, SEMUA kamar R.A Kartini dari depan sampe belakang. Kamar tempat ia dipingit, tempat ia menulis surat, ruang keluarga, ruang tamu, sampai benda dan perkakasnya, lukisan, dsb semua masih ASELI tanpa sepuhan sedikitpun. Lantai nya, arsitektur, bangunan, plafon, dll, masih garapan manusia jaman dulu. Semua masih JADUL, JAMAN DULU bangett, tapi aseli KERENNN BANGET....!!
Habis itu kami otw ke MUSEUM KARTINI. Di sana terbagi 4 ruangan, isinya benda-benda, foto, hasil karya Kartini dan kakak adiknya. Yah kami sempet foto-foto banyak di situ, apapun yang buat kami menarik, kami foto itu. Kami semakin sadar, ternyata INDONESIA itu memang ada suatu value yang gimana ya, culture kali ya? Dan untuk kehilangan itu, KAMI GAK RELA!
Habis itu jam udah nunjukin pukul 3 atau 4, kami yang muda (ada provokator dari Widya Mitra + FH Untag, nyuru main ke Pantai Bandengan -> Mas Danang, Bahasa Belanda Hukum e ciamiiik rek!), katanya pantainya bagus.... Atas rekomendasi Mas Danang ini, so, satu bus diboyong ke sono. Padahal di bus kami banyak yang sepuh, banyak dosen dari beberapa univ. Tapi kami percaya kok, mereka juga menikmtainya. Buktinya Mr. Coté juga ikut nongkrong nunggu bahkan fotoin kami waktu main aer (baca:keceh!) sama makan rambutan yang dibeli Pak Don di warung deket pantai. Ehehe, pemandangan langka aja. Lucu kalo diinget.
Oya, waktu mau berangkat tadi Pak Don ngasi aku buku lagi, punya Ester Lianawati, juduknya KDRT. Ya beliau berharap banget aku bisa buat resensi buku itu, terus diterbitkan di surat kabar. Intinya ya beliau-beliau pingin mahasiswanya NULIS! MENULIS. YA, MENULIS!!
Kaya Kartini tho, alat perjuangan waktu itu cuma dengan MENULIS! Lha mungkin Pak Don juga berharap aku bisa seperti Kartini kali, ya?? AMIIINN...
Thank You buat Mr. Donny Danardono, buat segala yang sudah Mr. kasih ke aku, aku semakin semangat buat nulis lagi. Tunggu ya hasil karyaku!!! ^o^

Tidak ada komentar: