Minggu, Juni 08, 2008

Menyangkut Prinsip Hidup???

Hai akhirnya aku muncul juga setelah sekian hari nggak muncul..Ha2.
Gini2, ada sedikit ganjelan hati (Ya iyalah masa ganjelan pintu) yang agak bikin aku pusing. Soalnya agak menyangkut prinsip bertahan hidup and hidup dan mati (halah2....)
Menyangkut prinsip orang juga sih tapi tar kalo gak di tengahin bisa memancing huru hara kaya kerusuhan yang di tipi – tipi itu lho. Nah, kalo udah gitu kan nanti jadi rame sendiri. Kekekek...
Ehm, sebelum pada baca ini and sebelum pada ngasi pendapet, kita simak pesan2 berikut ini... Halah! Jayus banget deh.
Hm, gini, ada yang bilang pendidikan adalah segalanya di hidup. Bahkan para tetua dan pendidik khususnya pada bilang, pendidikan ialah utama sejalannya dengan kesehatan.
Orang mana yang gak ngutamain 2 hal tersebut?
Menyangkut hidup mati khan?? Hohoho... Orang bilang kalo gak sehat mau apa2 ya nggak bisa.
Tapi di pihak yang lain orang juga berpendapat ” Huah.. Kalo nggak punya pendidikan ya nol besar...”
Menyinggung pendidikan, ada gak di antara kita yang pernah berfikir kadang pendidikan sudah bukan jadi yang utama buat cari kerja (yang ujung2nya buat cari duit?)?
Prinsipku gini, langsung aja yah biar gak bertele – tele..
Menurut aku, sekarang ini nih, detik aku nulis, yang namanya sebuah pendidikan sudah jadi sesuatu yang rumit. Sedikit cerita ni, ada kakak kelas aku yang sudah alumni, ni cerita fakta loh, kakak kelas ini yah sebut aja si A, seorang lulusan salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang di fakultas Teknik Pangan. Nah, bermodalkan ijazah itu akhirnya si A membawa ijazah tersebut ke salah satu pabrik mie instan yang juga cukup terkenal di negeri ini. Berbarengan dengan masuknya ke pintu Marketing Personalia nya, toko...tok...tok... ada juga pelamar lainnya yang juga melamar,sebut saja si B bedanya, ijazah yang dibawa itu berasal dari sebuah Perguruan Tinggi di USA, gak tanggung2, title di atas lamarannya menunjukkan sesuatu yang intinya si B adalah lulusan S2!
Sesudah meletakkan CV dan SLP (Surat Lamaran Pekerjaan), melewati jam interview yang juga agak melelahkan akhirnya masa penantian tiba, yakni masa pemanggilan kerja. Bisa ditebak lah jelas si B yang diterima di pabrik mie instan tersebut.
Udah S2, ijazah from USA lagi!
Weh, ternyata gak begitu kok.. Salah kalo pada mikir begitu.. Dengan senyum sumringah si A mengatakan juga kepada si B, ” Saya diterima kok, di Bagian Pemasaran Produk”
Batin si B ” Lha tok sama?”
Singkat cerita akhirnya mereka sama – sama berangkat kerja pada keesokan harinya dengan perasaan deg – deg an apa yang akan mereka kerjakan pada hari pertama mereka bekerja itu.
Lah, jebule (ternyata) kerjanya itu..... Lhadalah.. kerjane njumputi bakmi yang jatuh dari packingnya.... Owalah...zzzzzzz...
Jangan ketawa dulu bro!! Sumpah, ini something yang kudu kita prihatinkan. Bukan kita senyumi apalagi tertawai..
Lulusan S1 dan S2 Teknologi pangan yang berasal dari PT yang terkenal kerjaanya njumputi bakmie jatuh???
Ha?
Kok bisa?
Na itulah yang akan kita obrolin kali ini.. Gimana?
Ada yang bilang gitu itu. Pendidikan tinggi2 tapi gak bisa buat cari duit,hah...buat apaannn.... Cape deh...
Ada yang bilang... Kalo gak S1 mau kerja apa?
Eits.. Di Jakarta lulusan S1 Ekonomi Cuma jadi tukang ojek coy! Aje gile!
Ya gak gile, ini mah beneran! Bener2 fakta yang kemaren aku liat dari Jelang Sore Trans TV itu!
Pengangguran di Indonesia? Wah, jangan ditanya lagi. Itu kan sudah dari jaman bahono...
Seorang rekan kerja ku juga ada yang bilang, ” Lha, kalo uang itu pasti kumpulnya sama uang – uang yang lain...”
Kalo diartiin pake kata – kata kasar yah.. ”Seng sugih makin sugih.. Seng kere makin kere...” (Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin). Udah jadi peribahasa yang cukup pas dengan EYD untuk masuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia nih istilah itu...
Gimana? Pada setuju? Hehehe..
Dengan peristiwa tersebut maka dengan ini :
Aku berpendapat kalo orang yang gak punya ketrampilan bekerja ya pasti gak bisa kerja. Tul gak? Setinggi2 nya orang sekolah and punya title kalo gak ada pengalaman kerja artinya sama dengan NOL..Nah, orang yang punya ketrampilan untuk bekerja alias mau mengerjakan pekerjaan, gak usah hebat2 dulu lah, apalagi khususnya neh buat para anak cewek, udah seharusnya dan sepatutnya kita membantu orang tua yang ada di rumah, bukannya mau sok crewet tapi kalo anak cewek yang udah gede and sadar diri or tau diri udah sepantesnya kok ngerjain kerjaan2 gitu. Kliatannya rendah and gampang khan? Nyapu, ngepel, masak,etc.. Yah itung2 buat latihan besok kalo udah pada jadi ibu rumah tangga yang solehah... hoho... Merapikan rumah sudah jadi pikulan asasi seorang perempuan. (Aku pake kata perempuan daripada wanita. Karena aku pikir kata perempuan lebih halus maknanya walau sekarang ini kata perempuanmengalami peyorasi atau perubahan makna kata lebih kasar. Pada jaman nenek moyangku, kata perempuan diibaratkan dengan seorang empu, empu pada jaman dulu mempunyai peranan penting dalam kehidupan mereka. Karena itu aku lebih sering dan lebih senang menggunakan kata perempuan. Kesannya memang lebih formal.) Hem, maksud aku kalo pun di antara kalian,para cewek yang jadi direktur ato seorang enterprenteurship ato sekaligus seoran wanita carrier... Jangan lupakan kodrat kalian sebagai perempuan.. Bener deh.
Lah, kembali ke pendapet yang lain...
Kalo ada lagi yang bilang..
Sekarang ini yang diperluin Cuma otak.. (masak iya?) Kalo mau kerja halus ya pake otak..(OOO...Ada betulnya juga..)Banyak2 belajar bahasa asing misalnya.. (Hm....) Perempuan toh gak boleh kerja kasar...( SAPE BILANG??????) muntab deh... Gak pernah nonton Kick Andy ya edisi PEJUANG WANITA SAAT INI??? HAH??!! Keterlaluan deh....
Kalo gitu kapan masyarakat Indonesia khususnya yang wanita bisa maju? (duh, kok jadi pejuang emansipasi wanita)
Makanya klik www.kickandy.com aje trus cari edisi ntu... Baca2.. Ntar jangan ampe kaget kalo ada tukang becak cewek...Ada supir bis luar kota, cewek juga...Wuih, salut Bu! Kalianlah Kartini2 masa kini!
Ditilik dari cerita2 yang ada S1 ekonomi, kenapa jadi tukang ojek? Katanya punya gelar S.E?
” Idih, jadi kok Sarjana Ekonomi.... Udah satu triliun tuh yang jadi Sarjana Ekonomi. Buktinya? Pengangguran makin tercipta..tercipta...terus...terus dan terusss....”
” Jadi dokter aja!”
” Emangnya jadi dokter gampang? Murah? ”
” Kan hidupnya terjamin! Ampe tuek tetep dikenang!”
”Elu aja deh yang jadi dokter! Capek gue!” gitu akhirku.. hehe.. Debat mlulu.. Ini kan sedikit cerita yang perlu ada pendiskusian dari masing2 pihak yang beda pendapet.. Yang melihat dari berbagai sudut... Dilihat dari sudut pandang yang berbeda juga.. Ya tapi apapun pendapat Anda jangan salahkan penulis yah?^^ Ini Cuma sekeder pikir2 bersama Punny. Namanya juga My Thought and My Life.. Pikiran ini berasal dari hidup2 ini yang kadang sepele juga menggigit..Yang mau kasi pendapat ayo aja, tinggal masuk. Ditunggu!
Salam manis.

Tidak ada komentar: